Ditulis oleh Super User on . Dilihat: 166

Sejarah Pembentukan Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci

Sejarah terbentuknya Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci yaitu, nama Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci diambil dari nama salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan. Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci pada awalnya merupakan balai sidang Pengadilan Agama Bangkinang, tetapi setelah adanya pemekaran wilayah Kabupaten Kampar, menjadi 4 Kabupaten yakni, Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Pelalawan, maka Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci sudah berdiri sendiri seperti Pengadilan Agama lain.

Dengan keluarnya Undang-Undang Nomor : 53 tahun 1999 tentang pembentukan Kabupaten Pelalawan dan diresmikan oleh Mendagri pada tanggal 12 Oktober 1999 dengan ibukota Pangkalan Kerinci untuk memenuhi ketentuan Pasal 4 ayat 1 Undang-Undang Nomor : 7 tahun 1999, maka pada tahun 2000 Pengadilan Tinggi Pekanbaru mengusulkan kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk membentuk Pengadilan Agama di Kabupaten Pelalawan.

Pada tahun 2000 Presiden Republik Indonesia mengeluarkan Kepres Nomor : 179 tahun 2000 tentang pembentukan Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci dan diresmikan pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2001 oleh Bapak Drs. Wahyu Widiana, yang ketika itu menjabat sebagai DIRJEN BINBAPERA ISLAM Departemen Agama Republik Indonesia dan pada hari itu juga dilantik Ketua Pengadilan yakni Drs. Harun S, SH oleh Bapak Drs. H. Habiburrahman, M. Hum. yang waktu itu menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru, dengan jumlah pegawai sebanyak 14 ( empat belas ) orang yang terdiri dari Hakim, Panitera, Pejabat Struktural dan Fungsional serta wilayah hukumnya meliputi 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan yang dalam perkembangannya menjadi 12 Kecamatan.

Dengan diresmikan Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci, maka dalam perjalanan selanjutnya akan sangat memudahkan bagi masyarakat pencari keadilan di wilayah Hukum Kabupaten Pelalawan.

Hubungi Kami

Telp: 0761-493458

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. & Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

.