• Selamat Datang Di Website Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci

    Dalam rangka memenuhi Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia No. 144/KMA/SK/VIII/2007 tertanggal 28 Agustus 2007 tentang Keterbukaan Informasi Di Pengadilan, maka Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci melalui website sebagai salah satu media informasi kepada para pencari keadilan khususnya yang berada di wilayah hukum Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci

  • Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci

    Assalamu'alaikum wr. wb. Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terwujudnya situs resmi Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci dengan alamat https://www.pa-pangkalankerinci.go.id/ ini. Situs ini merupakan media informasi yang dapat dimanfaatkan.....

    Selanjutnya

  • Mudahnya Menelusuri Perkara

    Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) merupakan Portal Pelayanan Informasi Perkara bagi Masyarakat Pencari Keadilan yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

    Telusuri

  • Direktori Putusan

    Pencari keadilan dapat mendapatkan salinan putusan dengan cepat dan mudah dengan mengakses Direktori Putusan Mahkamah Agung RI satuan kerja Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci.

    Direktori Putusan

  • Laporan Pengaduan

    SIWAS ditujukan untuk Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan di bawahnya.

    Lapor

  • Anti Gratifikasi

    Dihimbau untuk para pencari keadilan, agar berperkara melalui prosedur karena semua pelayanan kami sajikan gratis dan mudah.

JADWAL SIDANG

jwdl sdngPengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak berperkara.

INFORMASI PERKARA

sippabcMelalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

DIREKTORI PUTUSAN

put dirPublikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.

BIAYA PERKARA

pnjrEstimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Tahukah Anda ?

Hak-hak Pencari Keadilan untuk Memperoleh Informasi Di Pengadilan diatur dalam Surat Keputusan KMA No : SK 1-144/KMA/2011

portfolio

portfolio

portfolio

PELAKSANAAN SIDANG KELILING PA. PANGKALAN KERINCI

Kamis, 11 April 2019 Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci mengadakan Sidang Keliling, bertempat di KUA Kelurahan Ukui satu, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan. Sidang keliling adalah sidang pengadilan yang dilaksanakan di luar gedung pengadilan yang di peruntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi dan biaya. Kegiatan ini merupakan salah satu upacya Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan serta untuk mengimplementasikan asas peradilan, yaitu sederhana, cepat dan biaya ringan.

Suasana Sidang Keliling Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci di KUA Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan


Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci Nomor : W4-A15/635/Hk.05/4/2019 tanggal 10 April 2019 tentang Pembentukan Tim Pelaksana Sidang Keliling Tahun Angaran 2019. Tim terdiri dari Eny Rianing Taro, S.Ag.,M.Sy. sebagai Ketua Majelis, Surya Darma Panjaitan, S.Hi.,M.H. dan Amri Yantoni, S.HI.,M.H. masing-masing sebagai Hakim anggota, dan Ana Gustina, S.H.,M.H. sebagai Panitera Pengganti serta dibantu oleh seorang admin dan driver. Pelaksanaan Sidang keliling dijadwalkan pada hari Jumat, tanggal 23 November 2018 pukul 09.00 WIB.


Pelaksanaan dan tata cara sidang keliling sama seperti pada sidang di kantor Pengadilan Agama, para pencari keadilan satu persatu dipanggil masuk ruang sidang sesuai dengan nomor urut antrian. Jika para pihak datang semua, sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2016, mereka diharuskan menempuh mediasi lebih dulu, dengan Mediator yang telah disiapkan, tetapi jika salah satu pihak tidak hadir, maka sidang akan ditunda untuk memanggil para pihak supaya hadir pada sidang berikutnya. “pelaksanaan sidang keliling ini sangat membatu, karena perjalanan dari rumah ketempat sidang keliling jauh lebih dekat jika dibandingkan untuk bersidang di Kantor Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci” ungkap salah seorang para pihak pencari keadilan. “Proses persidangan dan waktu tunggu juga tidak lama karena jumlah perkara yang disidangkan lewat sidang keliling tidak terlalu banyak” tambahnya.


Selain itu dengan pelaksanaan sidang keliling menambah suasana baru bagi Tim Pelaksanaan Sidang Keliling karena dapat melihat-lihat suasana alam pedesaan yang sejuk dan dapat menghirup udara segar, jauh dari kebisingan, kepadatan lalulintas, dan polusi. Harapan kita semua semoga dengan pelaksaaan sidang keliling dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan dapat memudahkan masyarakat pencari keadilan yang lokasi jauh dan menghemat waktu serta biaya transportasi lebih ringan.(L3)

Gotong Royong PA. Pangkalan Kerinci

 

Gotong royong adalah  suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan. Gotong royong juga sangat sesuai dengan ajaran islam, Islam menginginkan umatnya saling mencintai, menyayangi dan saling berbagi, itu sangat sejalan dengan prinsip gotong royong.


Dari pantauan tim redaksi Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci ( Jumat, 15/02/2019 )  terlihat adanya pelaksanaan kegiatan gotong royong bersama yang diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci dalam rangka kegiatan rutin sesuai dengan program-program yang telah di rencanakan oleh Bapak Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci Baginda, S.Ag.,M.H.


Kegiatan Gotong Royong yang bisanya dilaksanakan di Kantor Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci, pada hari ini terlihat suasana yang berbeda karna Gotong Royong dilakukan di Mes Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci yang beralamat di Jalan Akasia, Pangkalan Kerinci, Pelalawan.


Kegiatan gotong royong dimulai pada pukul 08.00 WIB, dimulai dengan membersihkan halaman depan, samping dan terakhir halaman belakang mes. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan Suasana yang bersih, rapi, dan indah.
Kegiatan ini juga diharapkan bisa menjadi sarana untuk menjaga Solidaritas Pegawai Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci, serta menambah kenyamanan. (L3)

Nonton Bersama Siaran Langsung Peluncuran Aplikasi SIKEP Mahkamah Agung RI

Menindaklanjuti Surat edaran Mahkamah Agung nomor 10 tahun 2018 tanggal 18 desember 2018 tentang Peluncuran integrasi manajemen sumber daya manusia berbasis kompetensi ke dalam aplikasi sistem informasi kepegawaian Mahkamah Agung Republik Indonesia. Untuk itu Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci melaksanakan nonton bersama siaran langsung peluncuran aplikasi sistem inormasi kepegawaian Mahkamah Agung melalui channel mahkamahagunglive.


Mahkamah Agung meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) versi 3.0. Peluncuran dilakukan oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Yang Mulia Prof. Dr. M. Hatta Ali., SH., MH.,


Sejak tahun 2010, Mahkamah Agung telah mengembangkan sistem informasi kepegawaian yang disingkat SIKEP versi 1. Pada saat itu, aplikasi ini hanya dipergunakan untuk merekam data dan dokumen elektronik Pegawai. Dengan aplikasi SIKEP, semua data pegawai tersimpan dalam dokumen elektronik, sehingga dapat diakses dengan mudah dibanding penyimpanan berbasis kertas (paper based).


Belakangan muncul kebutuhan untuk mengembangkan aplikasi tersebut dengan memanfaatkannya sebagai sarana pelayanan kepegawaian. Karena itu dilakukan pengembangan dengan memasukkan fitur-fitur layanan kepegawaian seperti layanan Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) bagi pegawai di seluruh satuan kerja seluruh Indonesia, layanan ujian dinas bagi pegawai yang diselenggarakan secara online (e-Exam) dari satuan kerja di seluruh Indonesia, layanan proses promosi dan mutasi melalui Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) terhadap pegawai di satuan kerja di seluruh Indonesia, layanan data pengisian LHKPN bagi Pejabat Negara dan pegawai yang memiliki kewajiban laporan harta kekayaan, layanan dalam Penetapan Pensiun Otomatis bagi pegawai yang memasuki purna tugas, layanan pengolahan data lainnya untuk kepentingan lembaga.


Khusus untuk pelayanan kepegawaian, dalam versi 3.0 ini juga ditambahkan fitur-fitur baru, seperti layanan proses Promosi dan mutasi hingga cetak SK yang terintegrasi dalam satu sistem, layanan perhitungan biaya pindah bagi pegawai dalam proses mutasi secara otomatis, layanan absensi online, layanan bagi satuan kerja dalam hal pelaporan yang sudah diintegrasikan dalam template dan layanan mandiri bagi seluruh pegawai dalam hal administrasi kepegawaian. Aplikasi SIKEP versi 3.0 sepenuhnya dilakukan oleh Satgas SIKEP yang seluruhnya merupakan  staf  Mahkamah Agung.


Semoga dengan peluncuran aplikasi SIKEP Mahkamah Agung RI bisa menambah pemanfaatan teknologi informasi sebagai media untuk membuat pekerjaan menjadi lebih efektif sebagai pelayan publik dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak.

Pelantikan Wakil Ketua dan Kasubag Kepegawaian Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci

Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci Baginda, S.Ag.,M.H

Kamis, 13 Desember 2018 Bertepatan dengan 06 Robiul Akhir 1440 hijriah bertempat diruang sidang utama Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci diadakan  acara Pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci A.n Eny Rianing Taro, S.Ag.,M.Sy. kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Kasubag Kepegawaian, Organisasi dan Tatalaksana A.n Elvi Rahmi, S.H.,M.H.

Kasubag Kepegawaian dan Ortala Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci, Elvi Rahmi, S.H.,M.H

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Waka dan Kasubag Kepegawaian ini dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci bapak Baginda, S.Ag.,M.H, para hakim, pejabat struktural dan fungsional, karyawan/i, dan tenaga Honorer Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci. Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut yaitu Ketua Pengadilan Agama Bangkinang beserta hakim Pengadilan Agama Bangkinang, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan beserta rombongan. 

Foto bersama Ketua Agama Pangkalan Kerinci, Para hakim, Para saksi,

tamu undangan, dan Pejabat yang baru dilantik


Acara Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Wakil Ketua dan Kasubag Kepegawaian Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci berjalan dengan hikmat dan lancar, dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci bapak Baginda S.Ag.,M.H mengucapkan selamat kepada Pejabat yang baru dilantik dan selamat menjalankan amanah yang baru semoga bisa menjalankan tugas dengan maksimal di Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci.


Semoga dengan dilantiknya Wakil Ketua dan Kasubbag Kepegawaian dan Ortala bisa menyumbangkan pikiran dan pengalaman yang di dapat, bekerjasama menuju Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci yang lebih baik. (L3)

Gotong Royong Warga Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci

Jumat, 07 Desember 2018, seluruh warga Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci melakukan kegiatan gotong royong di halaman kantor Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci. Kegiatan gotong royong bersama ini  merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci dua kali dalam sebulan, hal ini dilakukan agar terwujudnya lingkungan Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci yang bersih, sehat dan indah.


Kegiatan gotong royong dimulai pada pukul 08.00 WIB, diawali dengan membersihkan halaman di sekitaran lingkungan Kantor Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci. Mulai dari memotong dan merapikan  ranting-ranting pohon yang sudah panjang, menggumpulkan sampah, menanam dan merapikan bunga-bunga serta mencabuti rumput-rumput liar di sekitaran kantor Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci. Setelah selesai melaksanakan gotong royong, seluruh warga pengadilan Agama Pangkalan Kerinci selanjutnya makan bubur bersama.


Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi sarana untuk  menumbuhkan rasa kebersamaan, menjaga kekompakkan, dan kekeluargaan antar sesama warga peradilan serta dapat menciptakan keindahan di lingkungan Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci.


Keindahan merupakan anugerah yang tak terhingga, Maka dari itu kita harus bersyukur kepada Yang Maha Kuasa dengan cara menjaga, merawat dan melestarikannya. (L3)