on . Dilihat: 47

Sidang Keliling Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci di Kecamatan Kuala Kampar

Kamis, 01 Agustus 2019 Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci melaksanakan Sidang keliling di Balai sidang Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan. Pelaksanaan Sidang keliling bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat para pencari keadilan serta untuk mengimplementasikan asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan.

Tim Sidang Keliling Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci

Menurut para pihak yang mengajukan perkara melalui sidang di luar gedung, bahwa pelaksanaan sidang di luar gedung ini sangat membantu dan mempermudah masyarakat pencari keadilan khususnya di kecamatan kuala kampar, dikarnakan lebih dekat dengan tempat tinggal dibandingkan bersidang di kantor pengadilan Agama Pangkalan Kerinci yang jarak tempuhnya sangat jauh, susahnya transportasi dan biaya transportasi yang mahal. Mereka berharap semoga sidang keliling di kuala kampar agar tetap diadakan setiap tahunnya.

Adapun Pelaksanaan dan tata cara sidang keliling sama persis seperti pada sidang di kantor Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci, sidang dimulai jam 09.00, para pencari keadilan satu persatu dipanggil masuk ruang sidang sesuai dengan nomor urut antrian.

Suasana Pelaksanaan Sidang Keliling di Balai sidang Kecamatan Kuala Kampar

Arahan Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dalam salah satu pertemuannya menyampaikan “Meskipun persidangan dilakukakan secara terpadu dan di luar gedung pengadilan, namun hal ini jangan sampai mengurangi kualitas pemeriksaan perkara, prinsip dan sistem pembuktian harus tetap ditegakkan dan diterapkan sepenuhnya dalam proses pemeriksaan dan penyelesaian permohonan, Pembuktian harus berdasarkan alat bukti yang ditentukan undang-undang.”

Hal ini lah yang diterapkan Tim sidang keliling Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci yang Semangat dan Totalitas memberi pelayanan kepada para pencari keadilan agar tujuan Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Dirjen Badilag (Badan Peradilan Agama) untuk menciptakan kondisi dimana masyarakat (pencari keadilan) dapat dengan mudah mengakses dan menyalurkan hak-haknya untuk mendapatkan keadilan sesuai dengan semboyan justice for the all (keadilan untuk semua). (L3)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Telp: 0761-493458

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. & Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

.