on . Dilihat: 34

Kamis, 11 April 2019 Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci mengadakan Sidang Keliling, bertempat di KUA Kelurahan Ukui satu, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan. Sidang keliling adalah sidang pengadilan yang dilaksanakan di luar gedung pengadilan yang di peruntukan bagi masyarakat yang mengalami hambatan untuk datang ke kantor pengadilan karena alasan jarak, transportasi dan biaya. Kegiatan ini merupakan salah satu upacya Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan serta untuk mengimplementasikan asas peradilan, yaitu sederhana, cepat dan biaya ringan.

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci Nomor : W4-A15/635/Hk.05/4/2019 tanggal 10 April 2019 tentang Pembentukan Tim Pelaksana Sidang Keliling Tahun Angaran 2019. Tim terdiri dari Eny Rianing Taro, S.Ag.,M.Sy. sebagai Ketua Majelis, Surya Darma Panjaitan, S.Hi.,M.H. dan Amri Yantoni, S.HI.,M.H. masing-masing sebagai Hakim anggota, dan Ana Gustina, S.H.,M.H. sebagai Panitera Pengganti serta dibantu oleh seorang admin dan driver. Pelaksanaan Sidang keliling dijadwalkan pada hari Jumat, tanggal 23 November 2018 pukul 09.00 WIB.


Pelaksanaan dan tata cara sidang keliling sama seperti pada sidang di kantor Pengadilan Agama, para pencari keadilan satu persatu dipanggil masuk ruang sidang sesuai dengan nomor urut antrian. Jika para pihak datang semua, sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2016, mereka diharuskan menempuh mediasi lebih dulu, dengan Mediator yang telah disiapkan, tetapi jika salah satu pihak tidak hadir, maka sidang akan ditunda untuk memanggil para pihak supaya hadir pada sidang berikutnya. “pelaksanaan sidang keliling ini sangat membatu, karena perjalanan dari rumah ketempat sidang keliling jauh lebih dekat jika dibandingkan untuk bersidang di Kantor Pengadilan Agama Pangkalan Kerinci” ungkap salah seorang para pihak pencari keadilan. “Proses persidangan dan waktu tunggu juga tidak lama karena jumlah perkara yang disidangkan lewat sidang keliling tidak terlalu banyak” tambahnya.


Selain itu dengan pelaksanaan sidang keliling menambah suasana baru bagi Tim Pelaksanaan Sidang Keliling karena dapat melihat-lihat suasana alam pedesaan yang sejuk dan dapat menghirup udara segar, jauh dari kebisingan, kepadatan lalulintas, dan polusi. Harapan kita semua semoga dengan pelaksaaan sidang keliling dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan dapat memudahkan masyarakat pencari keadilan yang lokasi jauh dan menghemat waktu serta biaya transportasi lebih ringan.(L3)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Telp: 0761-493458

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. & Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

.